Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Minggu, 13 Maret 2011

Istilah Dalam Adsense


Banyak istilah baru yang sering kita dapati dalam dunia adsense, Terkadang kita selalu mendengar tanpa mengetahui apa arti dan tujuan nya.Buat kita para pemula, berikut ini beberapa kata yang sering di gunakan dalam dunia adsense.

Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.

Ad Units
Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

AdSense for Content
AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

AdSense for Search
Adsense for Search merupakan salah satu dari jenis iklan Adsense yang mengijinkan pemilik website untuk menyisipkan kotak pencarian Gogle, pada halaman website yang mereka miliki. Apabila ada pengunjung yang melakukan aktifitas pencarian dengan menggunakan kotak pencarian Adsense for search tersebut, maka Google akan menampilkan hasil pencarian beserta iklan berbayar, dan apabila pengunjung meng-klik iklan berbayar tersebut maka sang pemilik website akan mendapatkan komisi dari pihak Google.

Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
Googleplex, Kantor Pusat Google

Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Artikel Terkait



15 komentar:

Pedagang Melayu on Senin, Maret 14, 2011 mengatakan...

Prosentase artikel/posting berbahasa Inggrisnya berapa ya, soalnya banyak blog teman yang dominan bahasa Indonesia juga nongol tu adcense nya, soalnya mau ikutan juga nih..

i-one on Selasa, Maret 15, 2011 mengatakan...

makasih info ya..kalau ada waktu maen keblog ane ya
http://edyirawannasution.blogspot.com

Belajar Komputer on Jumat, Maret 18, 2011 mengatakan...

Halo gan.. ini Award dari saya tanda persahabatan kita, diterima ya?

http://www.andisyam.web.id/2011/03/award-pertama-belajar-komputer.html

Belajar Komputer on Sabtu, Maret 19, 2011 mengatakan...

artikel bermanfaat gan...

Anak Brayan on Senin, Maret 21, 2011 mengatakan...

@Pedagang melayu > nah itu dia yang gw heran, katanya pake dummy, seperti flixya,
http://dasarbisnisonline.blogspot.com/2011/02/tips-verifikasi-google-adsense.html

Anak Brayan on Senin, Maret 21, 2011 mengatakan...

@i-one > siip lah , makasih ya dah ma in ksini..
@belajar > mantap siip lah , makasih gan dah mampir

Endang on Rabu, April 06, 2011 mengatakan...

pingin daftar adsense, sulit gak ya diterimanya...

Yulis Samoa on Jumat, April 08, 2011 mengatakan...

Selamat pagi Sahabatku Anak Brayan Kota Medan ..wkwkwkwkkkk..
Mengupas tentang GOOGLE ADSENSE ! Wah, saya jadi nambah Ilmu nih.. Ini benar2 sangat penting sekali... :D

Anak Brayan on Jumat, April 08, 2011 mengatakan...

@Endang > makasih dah mampir di sini, iya sih saya juga bingung nih ga tau gimana caranya..

@Yulis > hahahah my Master , salam hormat ku buat my master yulissamoa.com ahahhaha ampun mak eeekk ngejek sps ngejek ne..

situsonline dofollow on Jumat, April 15, 2011 mengatakan...

Penjelasan yang sangat jelas,untuk saudara endang sebenarnya gampang toh mendaftar adsense,blog gue jgua bhs indo,tp sdh di approved.

Yulis Samoa on Sabtu, April 16, 2011 mengatakan...

Hayahhh.. Koq ngejek sih? Aku juga masih belum begitu faham koq.. Nih mau baca2 lagi.. Ada ujian Google Adsense hari ini ama Mbah Google di bawah Pohon Mahoni dekat Pohon Jati dan jauh dari Pohon Sawit..wekekekkk

indonlineads on Sabtu, Mei 21, 2011 mengatakan...

Mantab infonya, thanks sudah mau berbagi

Anak Brayan on Kamis, November 24, 2011 mengatakan...

@Situsonline doeollow : Nasib@an juga bang.. ga ngerti gmana penilaiannya
@Yulis samoa; guruu.... apa kabar.....
@Indonline : siippp.... makasih udah berkunjung..

fahmi adestya on Kamis, Mei 16, 2013 mengatakan...

ijin copas gan kayaknya prlu ane tempel di kamar nih. hehehe....
http://kulinerkotabertuah.blogspot.com

situsIDcom on Sabtu, Agustus 16, 2014 mengatakan...

trimakasih inponya..

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template