Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Jumat, 04 Februari 2011

Langkah Sukses Dalam Membuat Sebuah Blog

Pernah ga berfikir apa tujuan kita nge_blog. Mungkin sebagian orang berfikir bahwa dengan ngeblog, dapat menghasilkan uang. Aku berfikir dan mengevaluasi apa tujuan ku nge_blog. Hmm.. Awalnya sih pengen kembangi bakat menulis ku, apa yang ku baca ku tuangkan lewat sebuah tulisan. Walau kadang sedikit comot sana comot sini, demi melengkapi tulisan ku. Namun sekarang, kegiatan blogging menjadi aktifitas rutin ku, yah.. jadi seperti kecanduan lah.., ga terpikir oleh ku apakah blog ku ini akan menghasilkan uang atau tidak, yang penting keinginan kuat ku agar blog ku tetap menjadi no 1 di situs pencarian. Ada sebuah rasa bangga dan mengasik_kan jika blog kita ramai di kunjungi orang. Ibarat sebuah toko, walau pengunjung cuma melihat, namun ada rasa kepuasan di hati jika toko tersebut di kunjungi.  Banyak para blogger yang sukses dalam mengelola blognya untuk berbisnis di internet. Namun banyak juga yang hanya sekedarnya dan akan mundur selangkah demi selagkah karena mereka menyerah tak sanggup lagi mengelola blog pribadinya dengan baik dengan  berbagai macam alasan. Kalaupun ada yang bertahan, blognya sepi pengunjung dan kurang banyak pembaca setianya. Menurut ku, ada beberapa langkah awal yang mendukung blog kita menjadi maju.
  1.       Rajin menulis.  Aku tidak percaya kalau ada yang bilang menulis itu gampang. Menulis itu sulit, tidak gampang, meski buat mereka yang sudah berpengalaman sekalipun. Kalau anda memang tidak suka menulis, kesulitan yang menghadang anda akan menjadi sangat besar. Tulisan kita adalah modal utama dalam ngeblog. Ketika orang memutuskan untuk meng-klik blog yang kita kelola, maka pastikan mereka mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat dari apa yang kita sajikan. Disini kita di tuntut untuk jeli dalam memilih kontent yang ingin kita terbitkan.
  2.       Banyak membaca. Perbanyak membaca untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Membaca merupakan langkah awal dalam menulis, banyak para blogger yang hanya menuliskan apa yang fikirannya saja. Dari mulai aktifitas kesehariannya, sampai perjalanan liburan pribadi nya. Bukankah sangat tidak nyaman membaca tulisan yang tidak jelas ujung pangkalnya, sampai kita bingung mana subjek mana objek tulisan itu. Nah berbeda dengan para blogger yang hobby membaca, Mereka akan menuangkan tulisan berbobot pada postingan mereka.
  3.       Berbahasalah dengan baik. Ini juga menjadi faktor penting dalam memajukan blog kita. Sejatinya, seorang bloger adalah penulis. Seorang penulis tentunya harus menguasai bahasa dan mempergunakan bahasa yang baik dalam sebuah tulisannya. Seorang blogger juga harus berusaha dengan cara dan gaya bahasanya agar dinilai asik oleh para pengunjung. Pengunjung merasa puas dengan apa yang kita sajikan.
  4.       Kreatif. Memang kita bisa membuat blog dengan berbagai macam tema atau niche. Ada banyak cara untuk membuat blog anda tampil beda. Nah, para blogger yang sukses itu rata-rata tidak segan melakukan apapun supaya blognya unik. Kreatifitas mereka mampu membuat blognya standing out of the crowd. Mereka yang sukses di dunia blogging membutuhkan kehendak yang besar untuk melakukannya. Merubah diri menjadi lebih baik, merubah template kesukaan untuk menjadi template baru yang belum teruji, dan berusaha menjadi pribadi blogger yang unik, agar mudah di kenali.
  5.       Berkomitmen dan Konsisten. Ya untuk menjadikan blog kita terdepan, maka kita harus aktif dong, Jangan mengharapkan kedatangan jika kita tidak pernah berkunjung, Rajin lah meng_update blog kita. Dan rajin pula mengunjung blog orang lain. Tidaklah perlu seharian duduk berkutat di komputer mengelola blog kita, cukup berikan waktu satu atau dua jam untuk benar - benar fokus mengelolanya.
  6.       Saling berbagi. Jangan ragu untuk belajar dengan blogger lain. Semakin banyak anda belajar dengan blogger lainnya yang sudah sukses, maka semakin banyak pula pengetahuan dan pengalaman yang anda dapatkan. Jangan malu juga jika memang tidak tahu, Sebaiknya bertanya kepada para senior yang lebih dulu maju. Bergaulah dengan sesama blogger, agar mendapatkan tambahan ilmu. Karena mungkin apa mereka tau, belum tentu kita tahu. Dan sebalik nya, Apa yang kita tahu belum tentu juga orang lain tahu. Jadi take and give lah..
HHmmmm....
Cuma itu langkah mendasar dalam menciptakan blog yang sukses. Ini sih menurut pengalaman ku yang ga se_sempurna para blogger sukses. Mungkin sebagian rekan memiliki syarat lain sampai seorang blogger bisa di katakan sukses, kasi dong komentar nya.
Semoga bermanfaat ya...

Artikel Terkait



19 komentar:

Kang Epot on Jumat, Februari 04, 2011 mengatakan...

memang sobat, beberapa kriteria diatas itu memang harus ada pada diri seorang blogger.... nice share ;)

Anak Brayan on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

@Kang Epot > heeh ehehh makasih kang, kira2 ada yang perlu di tambahin gak kang..?

Warna Tulisan on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

tips yang bermanfaat sahabat, walaupun kadang2 waktu untuk menulis itu yg terkadang sangat sempit, nice posting

Anak Brayan on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

Hah aha hha a
@Warna tulisan > kl malas menulis sedikit ilmu hitam bang..
Copas..
hehehehehehe
sedikit di permak,
selanjutnya terserah anda...
xixixiiiii

Plick on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

Sukses terus broooooooooooooo......

baburinix! on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

terimakasih infonya kang...
salam blogger....

Anak Brayan on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

@baburinix! : makasih juga dah mampir di sini

Ellious Grinsant on Minggu, Februari 06, 2011 mengatakan...

Mantab gan... terima kasih atas tips-tipsnya, hehehe...

Anak Brayan on Minggu, Februari 06, 2011 mengatakan...

@Ellious > siip lah , thanks dah singgah di sini ya

Kehidupan Islam on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

Kurang Satu,, Gan, Harus mau menerima Kritik dan Saran Pembacanya,, Buat apa nge-blog tapi semaunya sendiri, hehe,,

Kunjungan balik

Kehidupan Islam on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

Kurang satu, Gan.. Harus mau merima kritik dan Saran,, hehe

Buat apa kalau nge-blog tidak dibaca oleh orang gara2 gak mau diberi masukan,,

Kunjungan balik, Gan

Ritma on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

kunjungan pertama... makasih buat tips nya...top banget...salam kenal..

Anak Brayan on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

@Ritma > makasih juga dah mampir di sini

Anak Brayan on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

@Kehidupan Islam > thanks gan tambahannya, ntar du update ya...
He ehehehh

Astawama on Selasa, Februari 08, 2011 mengatakan...

hahahaha kebanyakan males nya dulu seh ya jadi aku jarang update lagi

Anak Brayan on Selasa, Februari 08, 2011 mengatakan...

HAha ha aha
@Astawama > iya sih, coz kan pekerjaan lain juga banyak, kadang ngeblog hanya menyalurkan hobby semata

paramadinadino on Kamis, Maret 10, 2011 mengatakan...

yang paling sulit bagi saya sampai sekarang adalah komitnment untuk rajin menulis :)

Paramadina on Kamis, Maret 10, 2011 mengatakan...

uhuyy...baguss.menginspirasii

Anak Brayan on Kamis, Maret 10, 2011 mengatakan...

@Paramadina > ya ya ya.. sama, ini yang paling berat, kadang kala kita terbentur oleh topik .
apa yang akan kita tulis..
makasih dah mampir di sini

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template