Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Sabtu, 05 Februari 2011

Menyikapi Meninggalnya Adjie Massaid

      Tulisan ini saya kutip dari broadcast para teman - teman sesama pengguna Blackberry Messenger. Belajar dari penyebab meninggalnya Adjie Massaid, yang di sinyalir akibat serangan jantung. Mungkin info yg sangat berguna bagi kita yang tidak tahu bagaimana cara pertolongan pertama pada penderita penyakit jantung.
Jantung merupakan organ vital di tubuh kita, Utk dpt selalu memompa darah, jantung juga memerlukan suplai darah dan oksigen yg dilayani oleh dua  pembuluh arteri utama. Pembuluh darah yg menyuplai darah ke jantung disebut pembuluh darah koroner. Ada dua pembuluh arteri koroner utama jantung. Nah, bila salah satu dari pembuluh koroner itu tersumbat maka daerah jantung yg dilayaninya menjadi kekurangan oksigen dan bahan bakar. Otot jantung yang kekurangan oksigen dan bahan bakar ini dikenal dengan istilah iskemia jantung atau bahasa kedokteran nya "cardiac ischemia". Jika iskemi ini berlangsung lama maka otot jantung akan mati, nah inilah yg dsbut serangan jantung atau "myocardial infarction".
      Serangan jantung bisa berakhir dg kematian hanya memerlukan waktu beberapa menit sampai jam. Jgn pernah menunda pertolongan. Tidak semua serangan jantung memberikan gejala, namun kebanyakan berupa nyeri dada trutama sebelah kiri. Gejala lain serangan jantung adalah sulit bernafas, kepala terasa ringan, tidak sadar, dan mual. Nyeri khas serangan jantung yaitu dada terada ditekan benda berat. Nyeri yg ringan bisa dikira maag.

Misalnya saat sekarang, setelah anda sibuk kerja seharian, anda sedang dalam perjalanan pulang dg mengendarai mobil sendirian atau sedang dalam keadaan sendiri. Tiba - tiba anda merasakan sakit yg sangat di dada dan mulai menjalar ke lengan dan dagu. Tetapi jarak ke RS yg terdekat kira - kira masih 5 Km, lebih celakanya lagi anda tidak tahu apakah anda mampu bertahan sampai sejauh itu. Saat sendirian, kena serangan jantung, bagaimana cara pertolongan pertamanya?
Seseorang ketika jantungnya tdk dpt berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia hanya mempunyai wkt kira2 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran & pingsan. Jika sekitarnya tdk ada org memberi pertolongan pertama, penderita hrs memanfaatk Jika sekitarnya tidak ada org memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan 10 detik yg singkat ini usaha utk menolong dirinya sendiri.
Harus Bagaimana ?

Jawabannya:
Jangan panik, Usahakan berbatuk terus sekuat tenaga, dan berikan kekuatan yang maksimal pada batuk anda..
Tariklah nafas panjang sebelum berbatuk dan berbatuk lah dengan dalam sekuat tenaga, seperti hendak mengeluarkan dahak yg berada dlm dada.
Lakukan kedua nya setiap selang dua detik,  Hingga pertolongan tiba, atau kalau merasa denyut jantung sdh normal, baru boleh beristirahat
.
Tujuan tarik nafas : Untuk memasukkan Oxygen ke dalam paru - paru.
Tujuan batuk : Untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi. Menekan jantung juga dpt membantu denyut jantung kembali normal. Pertolongan cara ini maksudnya, agar penderita mempunyai kesempatan untuk pergi ke Rumah Sakit. Jangan kira bila berumur kurang dari 30, tidak mungkin dpt serangan jantung!!  Umur ditangan Tuhan..!! tidak ada yang mengetahui kapan ajal tiba.

Artikel Terkait



6 komentar:

Farah 'Rara' Awaliyah on Sabtu, Februari 05, 2011 mengatakan...

saya salah satu remaja penderita :)
silahkan baca beberapa artikel saya, mungkin berkenan untuk share :)
trims kak
http://bee-ndud.blogspot.com/search/label/jantung

Anak Brayan on Minggu, Februari 06, 2011 mengatakan...

@Farah > makasih ya dik, info nya.
makasih juga dah mampir di sini

Syaifullah Arifin on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

Wah... bukannya banyak org yg meninggal karena hal seperti ini Mas,, tapi kok Adjie yg di pilih ??

Sebenarnya sih kematian itu tidak selalu di datangkan oleh penyakit dan setiap penyakit itu tidak selalu berujung atau membawa kematian..

namun Allah akan memberikan cara yg berbeda2 dlm mengambil nyawa umatnya sesuai dgn akhlakx di dunia...

jika akhlakx tidak baik maka akan di ambil dgn cara menyakitkan atau di beri penyakit sebelum mati atau hanya penyakit tiba-tiba...

semua itu sudah di janjikan...

semoga kita termasuk kepada org yg siap menerima kematian...

Anak Brayan on Senin, Februari 07, 2011 mengatakan...

@bang Syaiful > makasih bang dah membukakakn hati
Makasih juga dah mampir ke sini

Syaifullah Arifin on Selasa, Februari 08, 2011 mengatakan...

Sama-sama sobat ku...

terus berkarya sekreatif mungkin ...

Mrsfaizorworld on Selasa, Februari 08, 2011 mengatakan...

http://mummydinda.blogspot.com

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template