Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Jumat, 14 Januari 2011

SEJARAH BLOG

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting untuk konten blog) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Dalam internet marketing, blog atau weblog dapat di kategorikan jenis website versi 2.0. Perbedaan yang paling menonjol dengan website-website pada umumnya yaitu blog bisa dengan mudah di update, di  edit dan di poerasikan. Jika mengacu pada sejarah nya, sebenarnya media blog pertama kali di pergunakan pada tahun 1997 oleh seorang bernama John Barger. Akan tetapi penyempurnaan istilah blog ternyata baru di buat pada tahun 1999 oleh Peter Merholz yang menyebut istilah  menjadi "weblog ". Akhirnya media blog jauh lebih populer ketika dua orang dari Pyra Lab, yaitu Evan Williams dan Meg Hourian menciptakan situs khusus bagi para pembuat blog, Situs ini bernama blogger.com ( blogspot.com ).

Kemudian pada tahun 2002 di akuisisi oleh perusahaan raksasa google hingga sekarang. Semenjak proses akuisisi ini, google banyak menambahkan kemudahan kepada para pengguna dengan menambahkan aplikasi - aplikasi yang bersifat terbuka dan bersahabat yang di peruntukan kepada perkembangan para penulis yang mengelola nya.
Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.

Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna Blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.

Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.

Pada tanggal 14 Agustus2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.

Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Bila di tinjau dari sisi komersil, inti dari pengelolaan blog sebenarnya hanya bersumber pada satu tujuan yaitu mendatangkan sebanyak - banyak nya pengunjung untuk melihat segala sesuatu yang telah di tampilkan di sana. Maka untuk menarik para pengunjung tersebut , adalah dengan menampilkan konten - konten yang relevan dan berkualitas. Konten adalah isi blog yang berupa tulisan, gambar, links, widget, dll.
Dan kesemuanya ini saling berhubungan satu sama lain menjadi satu rangkaian.Nah dari kesemua nya itu, unsur yang paling menentukan kualitas konten sebuah blog adalah tulisan / artikel nya. Dengan konten yang baik dan relevan, maka pengunjung akan terhypnotis untuk tinggal lebih lama melihat - lihat isi dari yang lain.
keep blogging :)

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template