Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Sabtu, 15 Januari 2011

MEMILIH TEMA BLOGG

Setelah mengetahui apa itu blog, seperti apa mengoperasikannya, maka perlu juga dong kita ketahui apa tujuan kita membuat blog. Ada sebagian orang membuat blog hanya untuk mencurahkan isi hati, atau menuangkan aktifitas kesehariannya di blog tersebut. Namun tidak banyak juga yang menggunakannya untuk mendulang rejeki, dengan membuat blog sebagai lahan bisnis nya. Banyak sekali kita jumpai berbagai macam blog yang saling berkaitan. Tidak jarang juga kita jumpai beberapa komunitas pencinta blog, yang sering di sebut  Komunitas blogger yaitu sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu. Di dalam dunia blogging, kita mengenal istilah blogsphere.   Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog. tak jarang sebuah gelombang aktifitas , informasi dan opini bisa muncul dan berkembang untuk beberapa subjek yang kontroversial terjadi di dalam blogsphere. Oleh sebab itu memilih tema blog bisa menjadi vital. Agar suatu saat tidak timbul kontroversi yang mengarah pada kita karena di sebabkan karena kesalahan penulisan dan pemilihan topik, maka berikut ini beberapa tema blog yang biasa di pakai oleh para blogger.
Jenis tema blog ;
  • Blog Hukum : Membahas tentang persoalan hukum dan urusan hukum, sering di sebut juga dengan blog laws
  • Blog Kuliner : Biasanya berisikan tentang resep - resep masakan, dan cara pengolahan nya
  • Blog Infotainment : Berisikan tentang info selebrita terbaru, serta gosip yang sedang hangat.
  • Blog Politik : Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog Pribadi : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog Olah raga : berisikan tentang informasi seputar olahraga dan aktifitas olah raga. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog Kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog Sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog Perjalanan : Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog Riset : Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog Media : Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  • Blog Agama : Membahas tentang agama
  • Blog Pendidikan : Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog Kebersamaan : Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog Petunjuk (directory) : Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog Bisnis : Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog Motivasi : Blog ini berisikan tentang motivasi - motivasi guna memberikan solusi atau pencerahan sebuah permasalahan dan pengembangan diri.
  • Blog Musik : Blog ini menceritakan kehidupan tentang dunia musik, dari hal para penyanyi sampai lagu - lagu yang sedang top.
  • Blog Otomotif : Blog ini menceritakan tentang informasi otomotif, mulai dari modifikasi hingga pemecahan masalah seputar otomotif.
  • Blog Pengganggu (spam) : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Dan masih banyak lagi yang ga mungkin kita sebutkan satu persatu. Namun dari keterangan ini kita bisa memilih salah satu dari tema yang ingin kita buat dalam hal memulai berbisnis dengan blog. Dengan demikian kita tidak keluar dari tujuan awal kita dalam membuat blog.

Artikel Terkait



6 komentar:

Yulis Samoa on Sabtu, Januari 15, 2011 mengatakan...

Kalau aku punya blog apa yah? hihihi..
Bagus tuh artikel panduan untuk memilih tema blog..

Anak Brayan on Sabtu, Januari 15, 2011 mengatakan...

HA hh aha ha a
apa ya..?
tema wanita seperti nya ya,
uuppzz ,blum ada tuh di daftar tema yang ku tulis..

r10 on Minggu, Januari 16, 2011 mengatakan...

blogku temanya cenderung ke teknologi, walau ada juga unsur dunia hiburan dan catatan pribadi

Anak Brayan on Minggu, Januari 16, 2011 mengatakan...

ya terkadang sulit menjadikan blog dalam satu tema yang pasti
namun ku rasa ya ga masalah kali ya bang, yang penying ga manghilangkan unsur utama tema nya

niQue on Kamis, Januari 20, 2011 mengatakan...

blogku kategori apa yaaa hehehe ....

blom menetap pada satu pilihan hiks

salam kenal sesama orang Medan yaaa :D

Anak Brayan on Jumat, Januari 21, 2011 mengatakan...

@Nique > hahahaha , ane juga ga tau tuh apa kategori blog ane gan, yang jelas apa yang terlintas itulah yang ane tuang di sini... hehehehe

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template