Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Sabtu, 18 Desember 2010

Support WebGL Untuk Google Body Browser Membantu Dunia Pendidikan Kesehatan

Google kini mengembangkan sebuah browser baru yang mampu memetakan keseluruhan tubuh manusia yang disebut Google Body Browser, aplikasi 3D berteknologi tinggi sebagai terobosan dalam penelitian anatomi. Seperti diberitakan Dailymail, aplikasi itu mampu merevolusi pemahaman mengenai tubuh manusia dan bahkan penelitian medis. Gadget itu, belum secara resmi di luncurkan, memungkinkan anda mengeksplorasi tubuh manusia, mirip dengan cara kita bernavigasi dengan Google Earth. Google Body mungkin merupakan alat yang sempurna bagi para hipocondriak yang senang menggunakan Google untuk menemukan hal yang menyebabkan mereka sakit selain bisa untuk memeriksa pembuluh darah. Google hingga kini tutup mulut mengenai pengembangan aplikasinya, tetapi sebuah video yang muncul di internet yang menyediakan gambaran mengenai bagaimana alat baru itu bekerja.
Google Body Browser juga mendorong pengenalan teknologi baru internet yang disebut WebGL, yang memungkinkan grafik kompleks 3D digunakan dalam halaman web normal, tanpa harus secra khusus mengadaptasi plug in browser seperti flash atau java. Dalam video itu, browser digunakan untuk memeriksa tubuh manusia dan mengenali organ, tulang dan kelompok otot. Tubuh di Google Body bisa diputar, di manipulasi dan ditunjukkan hingga tulang guna mengetahui bagaimana fungsi dan terhubungnya tulang. Satu blogger yang menyaksikan demonstrasi mengatakan dirinya terkagum oleh kemampuan browser itu ,salah satunya bisa membantu pendidikan anatomis.
Menjelang versi resminya, Google meluncurkan versi lain yang tersedia dalam webGL- yang mendukung browser atau firefox beta version dan Google Chrome, yang dapat diunduh dari situs Google body browser (http://bodybrowser.googlelabs.com).
WebGL diharapkan menjadi standar di versi-versi baru browser internet, termasuk Firefox, yang akan diluncurkan tahun depan. Dan saat ini Google body browser hanya dapat di jalankan dengan aplikasi browser webGL
Apa itu WebGL? Singkatnya, WebGL adalah porting dari OpenGL ES 2.0 untuk browser Web yang memungkinkan aplikasi JavaScript memanfaatkan engine 3D dalam kanvas elemen HTML5, . Chrome OS dari Google sebenarnya bukanlah proyek pertama yang meriset teknologi WebGL. Mozilla, Apple, dan Opera telah mengimplementasikan WebGL dalam rilis development mereka - meski tak satupun yang benar-benar dirilis dalam versi stabil yang dilepas untuk public.
HTML5 mulai terkenal sejak Apple secara terang-terangan meninggalkan Flash pada seluruh device buatannya. Steve jobs bahkan mengejek flash. Menurutnya Flash adalah teknologi masa lalu yang hanya cocok buat komputer yang menggunakan mouse tapi tidak cocok untuk perangkat berlayar sentuh yang menjadi tren saat ini dan masa depan. Ia optimistis HTML5 akan mengungguli Flash tidak hanya di perangkat genggam tapi juga di komputer.
Bahkan Apple telah menciptakan standar terbuka untuk web yang disebut Webkit, mesin pembaca HTML5 berbasis open source yang kini sudah digunakan broser Android, Nokia, dan belakangan BlackBerry. "Kami sangat yakin semua standar yang mendukung web harus terbuka. Ketimbang menggunakan Flash, Apple lebih memilih mengadopsi HTML5, CSS, dan JavaSCript-semuanya standar terbuka," kata Jobs dalam tulisan di website Apple, Kamis (29/4/2010) yang menyoroti cacat Flash dan alasan Apple meninggalkannya.
Senang melihat Google meregangkan kekuatan non-plugin berbasis web3D untuk pendidikan kesehatan dan kedokteran. Kita tunggu kelanjutan kerja Google....


Sumber ; ANTARA

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template