Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Jumat, 06 Agustus 2010

Perut Kembung

Perut kembung disebabkan oleh banyak hal. Ada yang memang disebabkan karena terlalu banyak gas dalam lambung, ada juga yang disebabkan karena pergerakan saluran cerna yang kurang baik sehingga memperlambat
proses pencernaan makanan, dan perut terasa kembung. Secara rinci,penyebabnya adalah sebagai berikut:
  1. Oleh karena kita terlalu banyak menelan udara, yang dapat terjadi saat makan sambil mengobrol, saat merokok, makan permen, makan terlalu tepat atau memakai sedotan dengan tidak benar (selain minuman juga ada udara yang masuk dari sisi mulut). Solusinya, tentu hindarilah
    penyebab-penyebab diatas.
  2. Karena makan terlalu banyak makanan yang memproduksi banyak gas dalam perut. Yaitu kacang kacangan (kecambah, kacang merah, kacang polong), produk susu (susu, es krim, keju), sayuran (kol, bawang, brokoli, ketimun, asparagus), kentang, buah (aprikot, apel, pisang), gandum, makanan berlemak ( goreng gorengan, daging berlemak, saos krim), minuman  yang bersoda, dan tablet obat effervescent. Solusinya,tentulah hindari makan makanan ini terlalu banyak, apalagi saat perut anda sedang kosong.
  3. Karena hormon saat wanita mendekati masa haid atau saat memasuki masa menopause (berhenti haid), yang menyebabkan pergerakan saluran cerna menjadi kurang lancar. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi garam, coklat ,makanan manis dan makanan berlemak pada saat menjelang haid. Juga usahakanlah untuk rileks ,tenang, dan atasi ketegangan, untuk mengurangi rasa kembung akibat ketidak seimbangan hormon ini.
  4. Kecemasan dan depresi ternyata juga dapat menyebabkan perut kembung. Karena menurut penelitian, stress dapat meningkatkan asam lambung. Jadi jangan cepat stress ya..
  5. Beberapa obat contohnya anti radang, antibiotik dan yang mengandung hormon estrogen juga dapat menyebabkan perut kembung. Kembung juga dapat terjadi pada penderita penyakit kencing manis, tiroid dan penyakit ginjal. 
Perut kembung sering disebabkan oleh makanan yang asin dan berlemak. Rasa sakit yang mengganggu membuat anda bingung. Makanan seperti apa yang aman untuk dikonsumsi?

Berikut ini adalah makanan yang aman yang akan menjauhkan anda dari perut kembung, berdasarkan riset yang dilakukan oleh majalah Marie Claire.

Jeruk dan Semangka
Mengonsumsi makanan yang kaya air bagus karena air membuang kotoran dan kelebihan air dari tubuh anda. Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92 persen, sedangkan jeruk kira-kira 80 sampai 90 persen air.

Yoghurt
Yoghurt tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi juga mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut. Bakteri ini bertugas untuk mengurangi kelebihan gas yang tertimbun dalam organ sepanjang waktu.

Bawang Putih
Tanaman ini membantu mengurangi kadar lemak dalam hati, yang fungsi utamanya termasuk detoksifikasi dan produksi biokimia yang diperlukan untuk pencernaan, aspek utama dari pencegahan terjadinya kembung.

Bran cereal dan Oatmeal
Serat membantu mengurangi sembelit, yang merupakan penyebab kembung. Dengan menambahkan sereal panas atau dingin, semua bergerak melalui usus secara lebih cepat. Wanita membutuhkan setidaknya 25 gram serat setiap hari, makan bran cereal (sereal bekatul) dengan lima gram serat sekali makan akan membantu kita mendapatkan jumlah serat yang dibutuhkan. Pastikan anda tidak menambahkan terlalu banyak serat dalam makanan anda, atau rasa kembung anda akan memburuk.

Strawberry dan Blueberry
Serat juga bisa kita peroleh dari kedua buah itu. Makan makanan berserat tinggi seperti strawberry dan blueberry, sebagaimana aprikot kering dan plum kering bisa membantu membersihkan salah satu sistem secara berkala.

Jeruk Bali
Seperti buah-buah lain yang mengandung kadar air tinggi, anggur memiliki kandungan air hampir 90 persen. Manfaat lain dari buah ini adalah jeruk Bali kaya enzim pembakar lemak.

Sup Kaldu
Sup yang berasal dari kaldu, bukan sup kental atau sup krim yang kaya lemak jenuh, memiliki kandungan air tinggi yang belum bisa mengisi. Ditambah, tingkat sodium tidak boleh tinggi selama sup terbuat dari bahan alami dan bukan kalengan. Sup kaleng sering memiliki kandungan 1.000 miligram sodium, setengah dari batas yang direkomendasikan untuk sekali saji.

Selada dan Bayam
Sayuran hijau itu, seperti halnya kubis dan lobak, kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Sayuran itu juga membantu mengurangi asam pencernaan, sembelit dan infeksi saluran kencing.

Peppermint dan Jahe
Pepermint, chamomile dan jahe merupakan tumbuh-tumbuhan yang mampu mengeluarkan udara dari dalam tubuh anda. Tumbuh-tumbuhan itu bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. Selain itu, sayuran pahit efektif merangsang saluran pencernaan serta aliran air liur.

Cabe
Cabe bukan hanya bumbu untuk memberi rasa pedas dalam masakan, cabe juga bermanfaat untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung. Capsaicin (unsur aktif yang terkandung dalam cabe) juga meningkatka metabolisme dan mengendalikan nafsu makan, terutama makanan manis.

Brokoli dan Kembang Kol
Sayuran, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, menghancurkan bentuk berbahaya dari estrogen untuk pengeluaran yang aman dari tubuh. Namun, sayuran itu  mengandung gula yang terkadang sulit untuk dicerna dan dengan demikian harus dimakan dengan takaran setengah-cangkir sekali makan.
Semoga bermanfaat.


Sumber ; Antara

Artikel Terkait



2 komentar:

armouris on Minggu, Agustus 08, 2010 mengatakan...

lagi info tentang perut kembung di SIHAT SELALU - Masalah Perut Kembung

Anak Brayan on Minggu, Desember 12, 2010 mengatakan...

terimakasih...

Thanks info nya

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template