Interaksi anda begitu berarti disini. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk anda, saya dan kita semua

Selasa, 11 Mei 2010

Mengatasi Depresi

Dalam menjalani kehidupan, semua orang tentunya ingin meraih kesuksesan di dalam segala hal, baik dalam meraih cita cita mapun keseuksesan di dalam hal pekerjaan atau yang lainnya. Di dalam kenyataannya, halangan dan rintangan salin dating menghambat jalannya menuju kesuksesan yang kita cita-citakan tersebut hingga kadang kala menyebabkan depresi bagi kita. Agar kita terhindar dari ancaman depresi, tentunya kita harus mengetahui cara mengatasi depresi yang mengancam kita.

Depresi sendiri dapat diartikan sebagai kondisi batin yang tertekan, dan dapat mengakibatkan hilangnya harapan hidup, makna hidup, menurunya atau bahkan hilang sebuah motivasi, malah terkadang menghilangkan rasa percaya kepada diri sendiri. Depresi terjadi karena tekanan hidup yang terlalu berat dan jiwa atau fikiran kita tidak mampu untuk menahanya, memang kenyataanya hidup ini lebih kejam dari yang kita bayangkan. Dengan melihat kondisi tersebut, alangkah baiknya anda mengetahui cara mengatasi depresi di bawah ini :

1. Percaya diri dan buatlah citra positif pada diri anda : Kembali menemukan rasa percaya diri adalah awal yang baik untuk mengatasi rasa depresi anda, dan berusaha untuk memandang diri kita positif atau bagaimana kita menyimpulkan diri sendiri secara positif. Lalu bagaimana cara buat citra diri positif sih, caranya adalah : Percaya dan yakin anda adalah pribadi yang luar biasa, Percaya dan yakin anda adalah pribadi yang baik, Percaya dan yakin anda memiliki kemampuan yang mumpuni, Lepaskan semua prasangka buruk terhadap diri sendiri, Lihat kembali keberhasilan-keberhasilan yang telah anda capai
2. Terus berjuang, jangan putus asa : Terkadang saat depresi melanda kita, daya fikir kita tertutup oleh perasaan salah atau kalah, tenangkan fikiran anda, coba berfikir anda bisa memperbaiki kekalahan atau kesalahan anda, masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri di masa depan. Jangan biarkan kita tenggelam ke dalam masa lalu yang buruk dan lupa meng-imajinasi-kan masa depan yang lebih bagus.
3. Membatasi rasa tidak puas diri : Seperti yang kita ketahui bahwa, depresi dapat terjadi karena tekanan-tekanan hidup, apa yang menyebabkan tekanan, adalah keadaan ketidakpuasan diri terhadap dirinya sendiri.sebenarnya hal ini bisa bermakna positif dan bisa negatif, tergantung bagaimana kita menggunakan. Rasa puas yang bersifat membangun dan mendorong adalah rasa puas yang baik, sangat kita butuhkan, kadang disebut ambisi yang bisa menghasilkan semangat, dan menimbulkan motivasi diri.
4. Perbaiki hubungan : Terkadang kita terlarus dalam hal yang rutinitas, kita lupa memperbaiki hubungan Wilayah hubungan yang perlu diperbaiki adalah : Hubungan dengan diri sendiri: control diri, meditasi, dialog diri, dll., Hubungan dengan orang lain dan Hubungan dengan Tuhan (meningkatkan iman)
5. Meningkatkan Toleransi : Terkadang kita tidak bisa mentoleransi setiap kesalahan yang kita buat, kita sering menuntut kesempurnaan (dari orang lain, dari diri sendiri dan dari dunia ini). Kita harus lebih toleransi untuk membanun kesempurnanan, Dengan toleransi kita mengusahakan kesempurnaan secara bertahap, perbaikan berkelanjutan. Tidak toleransi dan selalu ingin sempurna lebih mudah terkena depresi pada saat kita ingin mengatasi depresi, misalnya saja kita tidak mau gagal lagi (kemungkinan untuk gagal itu selalu ada), kita anti toleransi terhadap kelemahan orang lain (semua orang punya kelemahan).

Demikian sedikit cara mengatasi depresi yang dapat dilakukan, inti sari dari ulasan diatas adalah upaya untuk nenurunkan tingkat kecemasan, atau optimis dalam menghadapi masa yang akan datang. Serta tidak cepat putus asa bila gagal dalam mengerjakan sesuatu, dekatkan diri pada keluarga dan Tuhan. Semoga kita terhindar dari ancaman depresi yang akan menghambat kehidpuan kita dalam melakukan aktifitas sehari hari kita.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda begitu berarti buat saya. Mohon tinggalkan satu atau dua kata yang bermanfaat untuk saya dan untuk kita semua.

 
Dasar Bisnis Online Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template